PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS

Penguasaan bahasa Inggris saat ini semakin terasa mendesak dan sangat perlu, mengingat bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang sangat lazim digunakan dalam pergaulan internasional di bidang ekonomi, perdagangan, ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi. Sebagai contoh, tidak jarang saya temukan temen-temen yang belajar tentang ilmu komputer (program, design, multimedia dsb) sebagian bahasan dalam bahasa inggris, dan malahan sebagian besar  lowongan pokerjaan di perusahaan tertentu sekarang memberi syarat  bisa bahasa inggris. Bagaimana tidak resah para sarjana muda sekarang kalau tidak bisa bahasa inggris. Mau kerja apa nanti? Padahal tanpa di sadari kita ini telah diajarkan bahasa Inggris semenjak SMP atau bahkan SD tapi sampai tamat kuliah pun kita tetap merasa tidak mengerti bahasa Inggris. Mungkinkah guru-guru kita dulu yang salah? Tentu tidak. Truss…Ya, salahnya terletak pada diri kita sendiri. Inilah kira-kira penyebab orang tidak bisa berbahasa Inggris:

  • Ada orang  menganggap bahasa Inggris sebagai monster. Bisa kita lihat para siswa-siswi kebanyakan, baik di SMP tau SMA sama saja. Muka nya pada lesu kalau masuk mata pelajaran ini.
  • Tidak tahu fungsi bahasa Inggris. Karena tidak tahu untuk apa nantinya bahasa Inggris digunakan, ya kita akan cuek-cuek aja.
  • Tidak terpikat oleh bahasa Inggris. Biasanya, orang-orang yang dari kecilnya uda seneng menghafal dan menyanyikan lagu-lagu barat berbahasa Inggris akan merasa tertarik untuk mempelajari bahasa asing ini.
  • Terlalu menilai bahasa Inggris itu susah. Apapun yang belum kita pelajari pasti kita anggap susah. Jadi, jangan takut untuk mempelajarinya. Kalau sudah jalan, pasti sedikit demi sedikit akan terasa semakin gampang.
  • Buku-buku pelajaran bahasa Inggris umumnya menggunakan kalimat-kalimat yang terlalu baku dalam penjelasannya. Misalnya gramer, vacubulary dll.

 

Berbagai tips telah kita baca dari buku atau sumber lain seperti internet. Bagaimana agar bisa cas cis cus dalam bahasa yang satu ini yaitu bahasa inggris. Menurut kebanyakan orang sih ada 4 langkah untuk belajar bahasa inggris dan  harus di rutinitaskan yaitu:

  1. listening. Denger kan aja musik-musik inggris itu setiap hari dan coba pahami setiap kata-katanya kalau ndak tau opening dictionary lah. Kayak lagunya  linkin park, guns n roses etc.
  2. reading, banyak  membaca artikel-artikel dalam bahasa inggris kalau terlalu rumit beli buku cerpen atau dongeng dalam bahasa inggris yang ceritanya mudah di pahami gak semmraut bahasa jawanya. Biar lah kembali dalam dunia anak-anak demi yang satu ini.
  3. writing, banyak menulis dalam bahasa inggris. Orang yang biasa nulis-nulis mungkin gak terlalu memberatkan. Tapi,  yang jadi permasalahnya itu orang yang gak punya hobby nulis yah itu lah dia mau tak mau harus di mau-maukan karna untuk kepentingan diri. Strungle men!
  4. speaking, berbicara, ha! ini yang mungkin rada sulit. Siapa lawan bicara kita coba? Dengan hantu orang inggris kah? Tau dengan mendiang guru bahasa inggris dulu? Ha..ha… Hah itu terasa tak mungkin lah. Tips dari saya. Kursus bahasa inggris, yah gimana lagi, untuk tips yang terakhir ini memang harus keluar kocek kantong heh syukur-syukur kantongnya kagak bolong. memang usaha itu harus ada pengorbanan bro biar klakon atau biar sukses. Atau dengan cara datang ke tempat-tempat biasa orang turis mangkal coba-coba aja. Tapi hati-hati lho jangan salah speaking ( ngomong) ntar berabe pula. Ya pande-pande  kita jelaskan sama turis itu, bahwa kita sedang latihan ngomong bahasa inggris insya’Allah dia akan memaklumi kita. Ok

 

semoga kita semua sukses dalam bahasa yang menantang ini . Amin ya robb

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s